Pengertian jurusan farmasi dan prospek kerjanya

320 x 100

Pengertian jurusan farmasi dan prospek kerjanya

Jurusan Farmasi merupakan jurusan yang sangat erat kaitannya dengan ilmu kimia dan juga kedokteran. Jika dokter menangani pasiennya secara langsung, maka farmasi (apoteker) mengobati pasiennya melalui perantara yaitu obat yang dibuatnya. Farmasi adalah ilmu yang mempelajari tentang cara membuat, meracik, mengkombinasi, menganalisis dan juga memberi standard pada suatu obat.

Di Indonesia, jurusan farmasi dibagi menjadi 3, yaitu Farmasi Klinik & Komunitas, Farmasi Riset & Penelitian, dan  Farmasi Obat alam.
Lulusan Jurusan farmasi maka akan mendapatkan gelar Sarjana Farmasi (S. Farm) dibelakang namanya dan ditambah dengan gelar Apoteker (Apt.).

Jurusan ini sangat membutuhkan analisis seseorang yang kuat serta kemampuan untuk berpikir secara logis karena dalam peracikan obat tentunya diperlukan takaran yang pas. Jika anda sangat ingin menjadikan jurusan farmasi sebagai jurusan anda, maka sebaiknya anda lebih giat lagi belajar ilmu IPA lainnya seperti Kimia, Fisika, dan juga Biologi karena jurusan ini cukup berkaitan dengan mata pelajaran tersebut.
Dalam jurusan farmasi ini, ilmu yang digunakan ialah ilmu kimia (80%) kemudian biologi (15%) dan fisika (5%). Ilmu-ilmu ini diterapkan dalam cabang ilmu yang lebih spesifik seperti : farmasetika, teknologi farmasi, farmakologi, biologi farmasi, dispensa farmasi, fisika farmasi, kimia farmasi, biofarmasetika, farmasi klinik, dan administrasi farmasi.
jurusan farmasi dan prospek kerjanya
jurusan farmasi dan prospek kerjanya

Prospek Kerja Jurusan Farmasi

Prospek kerja Farmasi terbilang cukup luas, mengapa? Ya hal ini karena banyak perusahaan yang membutuhkan lulusan dari jurusan farmasi, terutama perusahaan yang berbasis pada produksi obat. Lulusan farmasi juga bisa menjadi wirausahawan dengan cara membuka apotik atau bekerja di apotik tersebut sebagai apoteker. Selain itu, lulusan jurusan ini juga bisa menjadi PNS jika bekerja di RSUD setempat.

Karir farmasi diantaranya :
farmasi rumah sakit (apoteker di apotek RS)
pedagang besar farmasi
pelayanan farmasi di pemerintah (BPOM, Depkes)
farmasi manajemen
farmasi komunitas (apoteker dalam apotek umum)
farmasi industri (bekerja di bagian research and development, quality control)
pendidikan farmasi (dosen)
Daftar Universitas atau PT yang memiliki jurusan Farmasi :
Univ. Indonesia (UI)
Univ. Gadjah Mada (UGM)
Univ. Airlangga (UNAIR)
Univ. Mulawarman (UNMUL)
Institut Teknologi Bandung (ITB)

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tanpa verifikasi kata