Daftar jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri PTN

320 x 100
Daftar jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri PTN
Kuliah itu harga mati, loh kok bisa gitu? Ya tentu saja kuliah itu harga mati bagi saya, karena dengan lulus dari sebuah universitas saya bisa mendapatkan gaji yang lebih baik ketiimbang saya lulusan SMA sederajat yang bekerja disebuah perusahaan yang sama.
Jadi ya saya usahakan agar kuliah saya baik, IPK saya baik dan banyak berdoa dan minta restu orangtua agar mendapatkan pekerjaan dan gaji yang juga baik.

Nah, pasti semua orang ingin masuk PTN kan? Nah, setau saya, ada 3 jalur untuk bisa masuk di Perguruan Tinggi Negeri, yang pertama lewat jalur :
1. SNMPTN (Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Nah, SNMPTN itu jalur non-tes jadi hanya menggunakan nilai-nilai raport dan juuga sertifikat, piagam dan lain sebagainya selama kita berada di SMA. biasanya nilai yang dipakai dalam SNMPTN adalah nilai dari semester 3,4 dan 5.
Jadi, sebenarnya lolos SNMPTN itu lebih susah, karena kita kita harus berjuang sejak bangku SMA.
Daftar jalur masuk Perguruan Tinggi Negeri PTN

2. SBMPTN (Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri)
Nah, kalau SBMPTN yaitu jalur tes, jadi kita harus lolos tes agar bisa masuk PTN yang kita inginkan. Namun, soal-soal di SBMPTN ini tidak mudah, jadi bisa terbilang sangat sulit.
saat SBMPTN kita akan bersaing dengan seluruh pendaftar seluruh indonesia terutama yang satu angkatan dengan kita. Namun, tidak hanya itu, kakak-kakak kelas tahun-tahun kemarin juga boleh ikut dalam SBMPTN, jadi siapkan diri kalian ya.

3. Seleksi Mandiri
Nah, setelah 2 jalur diatas, ada satu jalur lagi yaitu Jalur Seleksi Mandiri. Apa itu seleksi mandiri? Seleksi mandiri adalah sebuah jalur masuk ke PTN dimana kita juga harus loos dari tes yang di berikan. Tak hanya tes soal fisika, kimia, matematika, dan biologi. Malah ada beberapa prodi yang mengharuskan kita lolos ujian keterampilannya.
Jadi yang tidak lolos di SBMPTN, harus siap-siap di SM agar bisa masuk PTN.

0 komentar:

Posting Komentar

Komentar tanpa verifikasi kata